Mengenal Jenis-jenis Fintech

Setelah kamu mengenal pengertian fintech dan manfaatnya, mari kita cari sadar apa saja jenis-jenis fintech yang berkembang di Indonesia.

1. P2P Lending

Seperti yang sudah disampaikan terhadap artikel sebelumnya, P2P Lending (Peer to Peer Lending) merupakan platform yang sediakan layanan pinjam meminjam secara online. Banyak nya keperluan finansial dari dana mendesak hingga permodalan, menyebabkan platform ini banyak dicari.
Pertumbuhan perusahaan P2P lending di Indonesia mengalami peningkatan tiap-tiap tahunnya. Namun knowledge di OJK hingga Februari 2021, perusahaan P2P Lending legal hanya 148 perusahaan. Hingga kini OJK sudah menutup puluhan hingga ratusan perusahaan P2P Lending illegal. Jadi jika kamu berminat memanfaatkan fintech ini tetap waspada ya.
Tidak hanya sebagai layanan pinjam meminjam saja, platform fintech P2P lending terhitung dapat digunakan sebagai platform investasi. Oleh sebab itu, kamu dapat mendanai orang yang mengidamkan meminjam dana platform ini.

2. Payment Gateway

Bertumbuhnya platform ecommerce di Indonesia, menyebabkan jadi banyak pula perusahaan payment gateway. Perusahaan ini berfungsi sebagai jembatan penghubung pada pelanggan bersama dengan perusahaan ecommerce.
Adanya payment gateway, kamu sudah tidak mesti repot pergi ke ATM atau setoran lewat teller Bank. Hanya bersama dengan isikan nominal duwit saja, proses transaksi pembayaran lewat virtual langsung dapat dilakukan.
Fintech ini terhitung sudah dilandasi payung hukum dari Bank Indonesia, menjadi semua transaksi yang ditunaikan pastinya aman. Dari segi teknologi, payment gateway disempurnakan bersama dengan 3 proses pelacakan guna memelihara terhadap pencurian data.
Sistem pelacakan berikut diantaranya, Address Verification System (AVS), Card Security Code (CV2), serta  3D Secure Password. Semua proses ini digunakan untuk meminimalisir tingkat kecurangan yang ditunaikan oleh hecker.


3. CrowdfundingFintech

Crowdfunding hampir serupa bersama dengan P2P lending. Namun Crowdfunding memposisikan investor sebagai pemilik bisnis sedang P2P lending, investor hanya mendanai saja. Crowdfunding merupakan startup yang sediakan layanan urun dana untuk sebuah bisnis atau kesibukan secara online.
Platform Crowdfunding mempertemukan orang yang perlu modal bisnis bersama dengan pemilik modal. Nantinya bisnis atau bisnis yang dimiliki, didaftarkan ke sebuah platform Crowdfunding supaya para investor menanamkan dananya terhadap bisnis yang kamu miliki.


4. Insurtech

Platform Insutech merupakan kependekan dari Insurance Technology atau Teknologi Asuransi. Perkembangan asuransi di Indonesia cukup berkembang pesat. Salah satu bukti nyata dari perkembangan insurtech adalah banyaknya platform ecommerce yang memperjualbelikan product asuransi.
Adanya fintech ini memberi tambahan kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses layanan asuransi. Mulai dari distribusi produk, evaluasi knowledge nasabah, hingga pembelian polis yang hanya memanfaatkan gadget saja. Teknologi ini mendukung edukasi masyarakat terhadap pentingnya memelihara diri bersama dengan finansial.

5. Manajemen Aset

Salah satu kesibukan yang masih susah di melaksanakan adalah mengelola keuangan. Dengan perkembangan teknologi, fintech menghadirkan aplikasi yang dapat mengelola finansialmu. Aplikasi ini memudahkan melacak kemana saja duwit kamu pergi.
Bagi kamu yang susah untuk mengelola duwit pribadi, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan aplikasi ini. Tidak hanya untuk perseorangan, mengelola duwit bersama dengan skala bisnis yang besar pun dapat bersama dengan aplikasi manajemen aset.

6. Remitansi

Fintech remitansi sediakan layanan pengiriman duwit antar negara. Remitansi punya tujuan untuk mendukung masyarakat duwit tidak mempunyai rekening Bank di dalam negeri maupun luar negeri untuk melaksanakan transfer.
Sudah banyak aplikasi remitansi yang berkembang dan populer di masyarakat. Adanya fintech ini mendukung para TKI, TKW, atau siapa yang keluarganya berada di luar negeri untuk melaksanakan pengiriman duwit bersama dengan gampang dan murah.


7. Investasi

Melakukan investasi selagi ini sudah tidak susah lagi. Banyak aplikasi investasi yang sediakan layanan secara online. Banyak product yang dapat kamu memilih untuk melaksanakan investasi. Mulai dari reksadana online, hingga investasi Bitcoin.
Jadi sudah tidak ada alasan kembali untuk menunda-nunda investasimu. Lakukan sekarang terhitung supaya kamu capai merdeka finansial di usia muda.
Baca Juga: Indodax Dukung Langkah Pemerintah Buat Rupiah Digital. Portal berita yang mengulas Financial technology dalam dan luar negeri, lengkap dengan review Teknologi finansial di Fintech Calonpintar  

Kirim Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :