Cara Cek Turnitin Sendiri

 jasa cek turnitin no repository

Jika Anda sudah menyelesaikan sebuah tulisan, namun Anda tidak yakin orisinalitasnya, maka Cek Turnitin adalah solusi untuk memindai plagiarisme dalam tulisan anda, sebelum mengubah tulisan kembali. Hal Ini membantu untuk memastikan skor yang tepat sebelum menyerahkannya kepada dosen. Dalam artikel ini, akan dipandu tentang cara memeriksa plagiat dengan Cek Plagiasi sebelum mengirimkan karya tulis ilmiah (Jurnal, Skripsi, Tesis, Disertasi maupun Taskap) kepada dosen pembimbing.

Namun, penting untuk dicatat bahwa pengecekan ini menampilkan persentase plagiat atau kesamaan tulisan dalam makalah, dibandingkan dengan berbagai sumber yang bisa terdeteksi di internet. Memeriksa plagiarisme dan melihat skor plagiat tulisan sebelum mengumpulkan tugas tulisan ilmiah akan membantu mengurangi besarnya resiko koreksi dari dosen penguji. #khairpedia.

Dengan Cek turnitin gratis yang biasanya masuk dalam bagian Cek turnitin berbayar milik lembaga pendidikan tinggi - ataupun pemeriksa plagiarisme lainnya, anda dapat memeriksa berbagai draft tugas ilmiah baik itu milik anda, atau pun para peserta didik (mahasiswa) dalam binaan anda. Jika skor orisinalitas karya tulis ilmiah berada dalam batas wajar, maka Anda dapat meyakini dan percaya pada keaslian karya tulis tersebut.

Namun, jika skor plagiat atau kesamaan suatu karya tulis melebihi kisaran yang dapat ditoleransi, maka dapat melakukan koreksi sebelum pengajuan karya tulis.Hal tersebut biasanya disebut dengan Parafrase atau Revisi Turnitin. Berikut ini adalah cara untuk memeriksa plagiarisme sebelum mengirimkan makalah, dengan Cek turnitin gratis bagian dari Cek turnitin berbayar milik kampus- melalui situs resminya secara online. Berikut cara menggunakannya: 

1. Pastikan bahwa dokumen yang akan dicek plagiatnya berformat (.doc) maupun (.docx) dan (.rtf), bahkan ada kampus tertentu memperbolehkan file dengan ekstensi (.pdf)

2. Pastikan bahwa karya tulis ilmiah yang akan diperiksa sudah dalam keadaan lengkap.

3. Bukalah situs resmi turnitin di turnitin.com, dari perangkatmu (laptop maupun smartphone).

4. Klik “Menu” di pojok kanan atas.

5. Jika anda belum memiliki akun, maka klik “Creat account” untuk membuat akun.

6. Jika anda mengklik buat akun, maka akan ada tiga pilihan yang ditawarkan, yaitu apakah akan menggunakan turnitin sebagai mahasiswa (student), Asisten pengajar (teaching assistant), atau pun instruktur (instructor). Pilihlah student.

7. Ikuti dan masukkan semua data yang diminta hingga selesai. Pada tahap ini akan membutuhkan ID kelas (ID Class), Class enrollment Key (semacam pasword), keduanya akan anda dapatkan dari dosen pengajar ataupun instruktur kelas.

8. Jika telah selesai, maka akan dapat masuk dan menggunakan turnitin melalui turnitin.com > menu > Login.

Untuk menggunakannya adalah sebagai berikut:

1. Pada dashboar turnitin.com Klik "Submit assignment" atau "Kirim tugas" dan lihat "Upload file"

2. Periksa “Agreement” atau Perjanjian dan klik Google Doc untuk Mengirimkan karya tulis ilmiah. Setelah mengirimkan, klik “Submission Details” atau Detail Pengiriman.

 

Untuk memahami Turnitin Self-Checker, penting untuk mengetahui dengan tepat apa itu Turnitin dan bagaimana cara kerjanya. Turnitin didirikan pada tahun 1997. Ini adalah layanan internet untuk medeteksi plagiarisme. Kantor pusatnya berada di Oakland California Amerika Serikat. Pengguna harus membeli lisensi untuk mengakses layanannya, meskipun adapula Cek turnitin gratis di turnitin.com yang harus digunakan dan sinkron bersamaan dengan akun asisten pengajar maupun instruktur kelas. Namun pada dasarnya, tunitin.com yang gratis anda akses adalah bagian dari Cek turnitin berbayar yang dimiliki oleh lembaga pendidikan tempat anda belajar. #khairpedia. 

Situs Cek Turnitin, bekerja dengan mengidentifikasi plagiarisme dari dokumen yang dikirimkan terhadap basis data dan konten yang ditemukan dalam database milik akademis besar, seperti pada sebuah perguruan tinggi. Turnitin juga memeriksa semua halaman yang tersedia di internet untuk mendeteksi kesamaan isi sebuah karya tulis ilmiah dengan karya tulis lainnya.

Turnitin Self-Checker memungkinkan penulis untuk mengidentifikasi sebagian besar kesalahan yang dia lakukan ketika menulis dan dapat memperbaikinya saat itu juga. Turnitin Self-Checker juga akan memberi notifikasi untuk membantu mengidentifikasi kesalahan dalam tulisan, agar dapat diperbaiki secepat mungkin.

Plagiarisme memang menjadi kebiasaan sulit dihentikan dan umumnya terjadi di dunia tulis menulis, dengan bantuan turnitin, pemeriksaan sebuah karya tulis ilmiah menjadi lebih mudah, sehingga dapat membantu akademisi mengukur seberapa besar originalitas tulisan karya ilmiah anda. Ketika hasil pengecekan menunjukkan nilai keaslian yang tinggi, maka akan ada rasa kepuasan tersendiri saat mengetahui bahwa karya ilmiah anda adalah asli. Memang, seseorang dapat saja mengoreksi esai atau artikel secara manual, namun pengecekan manual seperti ini masih sering gagal menemukan kesalahan kecil yang bersumber dari plagiarisme bahan tulis sebuah karya ilmiah.

Keuntungan Turnitin Self-Checker

Turnitin Self-Checker ini memungkinkan mahasiswa dari berbagai lembaga pendidikan yang sudah memiliki akun untuk memeriksa karya ilmiah mereka seperti makalah, skripsi, tesis, maupun disertasi. Kemudian menilai tingkat plagiarisme sebuah karya sebelum benar-benar mengirimkannya kepada para pengajar matakuliah tertentu, ataupun dosen pembimbing pada skripsi, disertasi, dan tesis. Laporan hasil pemeriksaan ini kemudian dibuat untuk membantu mahasiswa mengidentifikasi apakah karya ilmiah mereka bebas plagiarisme.

Adapun penilaian Indeks dan persentase plagiarisme yang dibolehkan terletak pada kebijaksanaan lembaga pendidikan tersebut.  Berbagai tingkat akademik di lembaga-lembaga tertentu memiliki persepsi yang berbeda pada nilai tingkat plagiarisme yang dihasilkan dari pengecekan turnitin. Namun biasanya, tingkat pendidikan yang lebih tinggi membutuhkan persentase plagiarisme yang lebih kecil daripada tingkat pendidikan yang lebih rendah.

Perlu pula anda ketahui bahwa turnitin adalah turnitin memiliki versi Cek turnitin unlimited (Cek turnitin berbayar), dalam bentuk akun pribadi yang memberikan anda kebebasan tanpa batas jumlah submit artikel, dan bisa anda dapatkan di berbagai toko online tanah air. Meskipun, harganya bergantung pada durasi waktu lisensi akun yang anda beli -1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, dan 1 tahun-.

Kirim Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :